Substansi Naskah Akademik
Naskah Akademik Rancangan Undang-Undang tentang Badan Usaha

Negara mempunyai kewajiban untuk mengembangkan kehidupan masyarakat dalam penyelenggaraan negara maju berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pembaharuan terhadap peraturan perundang-undangan terkait badan usaha, upaya ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan perekonomian dan menciptakan iklim usaha yang baik bagi dunia usaha sehingga mampu meningkatkan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pembaharuan pengaturan dilakukan untuk memperbaiki pengaturan mengenai badan usaha Persekutan Perdata, Firma, dan CV yang masih mengacu pada Burgerlijk Wetboek (Kitab Undang-undang Hukum Perdata) dan Wetboek van Koophandel (Kitab Undang-Undang Hukum Dagang). Sedangkan untuk badan usaha perseroan terbatas, perlu dilakukan beberapa terhadap Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT)

  1. UUPT dalam perkembangannya didorong untuk dilakukan perubahan terhadap beberapa materi antara lain dasar pendirian PT, modal PT, organ PT, issue holding company, perusahaan grup, pemisahan keuangan negara dalam BUMN, pengawasan terhadap PT oleh pemerintah agar keberadaan PT sesuai dengan tujuan awal pembentukannya dan beberapa materi lainnya.
  2. Belum ada pembaharuan terhadap pengaturan perusahaan persekutuan (Persekutan Perdata, CV,Firma). Kondisi ini berpotensi pada sulit untuk dipahami dan terjadi penyimpangan, misalnya: pencampur-adukan jenis sekutu dengan fungsinya dalam CV (adanya sekutu komanditer yang menjadi pengurus); pengaturan yang jelas tentang kekayaan persekutuan perdata dan Firma, serta kemungkinan mengadopsi pengaturan LLP (limited liability partnership) di Indonesia dan lain sebagainya.
  3. Semakin berkembangnya dunia usaha di beberapa negara, melahirkan badan usaha dengan karakteristik baru disebut “hybrid entity”, perlu dipikirkan untuk menyesuaikan perkembangan tersebut.
  4. Pemerintah tidak mempunyai data badan usaha yang terintegrasi dengan baik sehingga pemerintah mengalami kesulitan ketika akan melakukan pengawasan. 
Beri masukan